Sebuah lembaga pendidikan yang ideal adalah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem asrama kepada para peserta didiknya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita –para guru dan peserta didik– peroleh dari kehidupan berasrama di sekolah. Di antaranya adalah:
Melatih para siswa untuk dapat berpikir dan bersikap mandiri dan tidak lagi bergantung pada kedua orangtuanya. Jika seorang siswa menghadapi sebuah masalah, maka ia dituntut untuk bersikap dewasa dan bermusyawarah dalam menyelesaikan permasalahan tersebut.
Pihak sekolah melalui para pembina asramanya dapat dengan lebih mudah mengenali masing-masing pribadi dan karakter para siswanya, Dengan demikian, pihak sekolah akan lebih bisa memberikan solusi terbaik tentang bagaimana cara menghadapi setiap siswa. Karena kami percaya bahwa setiap siswa memiliki cara penanganan dan pendidikan yang berbeda, mengingat mereka adalah siswa-siswi yang datang dari daerah yang berbeda, dengan latar belakang keluarga, keyakinan, budaya dan tradisi yang berbeda, sehingga menghasilkan sifat dan karakter yang tentunya berbeda antara satu dengan yang lainnya. Oleh karenanya, kami sangat berhati-hati dan sungguh-sungguh memperhatikan setiap proses tumbuh kembang masing- masing mereka.
Menjauhkan para siswa dari sifat- sifat negatif seperti egois, individual, tidak peduli, acuh, cuek, dan sebagainya. Para siswa akan terlatih untuk menjadi seorang pribadi yang dermawan, peduli terhadap lingkungan, dan saling mengasihi antar sesamanya. Karena di dalam asrama, satu ruang kamar akan dihuni maksimal oleh 8 orang siswa dan minimal 6 orang siswa. Dengan demikian mereka akan menjadi seorang manusia yang beradab dan memiliki etika yang luhur. Ketika ada satu orang siswa yang sakit atau mengalami kesulitan, maka teman- temannya yang lain juga pasti akan merasakan penderitaan yang sama, dan dari sini mereka akan belajar tentang sebuah solidaritas, toleransi, dan kesetiakawanan.
Memberikan kesempatan kepada pihak sekolah melalui para guru dan tenaga pengajarnya untuk dapat lebih memaksimalkan waktu dalam mendidik dan mengajarkan banyak ilmu dan pengalaman-pengalaman berharga kepada para siswa. Setelah jam pelajaran di sekolah usai, pihak sekolah masih dapat mengawasi segala bentuk kegiatan dan pergaulan para siswa di asrama melalui para pembina asrama yang ditugaskan khusus untuk mendampingi kehidupan para siswa selama di asrama.
Kegiatan berupa ramah tamah antara siswa baru dengan siswa lama beserta seluruh pembina dan pengurus asrama di awal tahun ajaran baru.
Halal bi halal seluruh penghuni asrama serta pelepasan kelas 12 dan kelas 9.
Pada kegiatan ini siswa akan dibagi menjadi beberapa kelompok untuk membahas topik-topik yang menyangkut dengan keagamaan/moral bersama dengan pembina dan wali kelas.
Pada kegiatan ini siswa belajar mengenal tajwid dalam membaca Al Quran dibimbing langsung oleh pembinanya masing-masing. Setiap siswa diberikan target hafalan sesuai dengan kemampuan masing-masing siswa.
Kegiatan rutin yang dilaksanakan setiap Kamis malam setelah sholat maghrib berjamaah dengan pembicara langsung dari guru-guru di sekolah membahas mengenai salah satu kitab fiqih.
Kegiatan fun yang diikuti oleh siswa dengan pembina, biasanya berupa main game online (catur, mobile legend dll) ataupun virtual running yang dilakukan secara rutin pada setiap bulannya.
Kegiatan yang dilaksanakan untuk memperingati hari besar nasional.
Pada setiap minggu malam siswa melaksanakan kebersihan dan kerapian kamar. Setelah selesai akan dicek oleh pembina masing-masing kelas. Bagi kamar yang kebersihan dan kerapihannya sangat baik.
Kegiatan ini dilaksanakan sebanyak 2 kali seminggu lebih tepatnya setiap Selasa dan Rabu malam setelah sholat maghrib berjamaah di mushola. Adapun kegiatannya dilakukan secara terjadwal yang mana masing-masing siswa dari setiap kelas akan membawakan speech bertemakan tertentu sesuai dengan monthly character pada bulan tersebut.
Kegiatan yang dilaksanakan setiap malam pada minggu aktif sekolah yaitu mulai dari Minggu malam hingga Kamis malam dimulai dari pukul 19.30-21.00 di kelas masing-masing dengan pengawasan pembina kelas. Adapun kegiatan ini ditujukan agar setiap siswa bisa mempersiapkan diri dalam mengikuti pembelajaran di sekolah pada esok harinya dengan mempelajari materi lebih dahulu, mengulang yang sudah dipelajari, hingga menyelesaikan beberapa tugas sekolah yang diberikan.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari aktivitas kegiatan asrama untuk mengisi waktu luang terutama saat akhir pekan dengan menonton film secara bersama-sama melalui proyektor sambil menikmati santapan cemilan. Kegiatan biasanya dilaksanakan setiap Jumat atau Sabtu malam setelah melaksanakan sholat isya berjamaah.
Kegiatan ini merupakan salah satu bentuk dari aktivitas kegiatan asrama untuk mengisi waktu luang terutama saat akhir pekan tepatnya pada Sabtu atau Minggu pagi dengan berolahraga bersama-sama seperti jogging di sekeliling lingkungan sekitar asrama dan senam bersama. Selain itu juga ada kompetisi futsal, kompetisi basket, dan kompetisi voli antar kelas yang biasanya dilaksanakan setiap Jumat atau Sabtu malam.
Menurut kami, sebuah lembaga pendidikan yang ideal adalah lembaga pendidikan yang menerapkan sistem asrama kepada para peserta didiknya. Banyak sekali keuntungan yang bisa kita –para guru dan peserta didik– peroleh dari kehidupan berasrama di sekolah. Di antaranya adalah:
Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@semesta.sch.id
Powered by WhatsApp Chat