Semesta Bilingual Boarding School

Program Pendidikan Karakter di Sekolah Semesta dirancang untuk mendorong pengembangan nilai-nilai positif, keterampilan sosial-emosional, dan perilaku etis di kalangan siswa. Tujuannya adalah untuk membina individu berwawasan luas yang menunjukkan kualitas seperti rasa hormat, tanggung jawab, integritas, dan kasih sayang. Program ini biasanya mencakup tema bulanan, kegiatan praktis, dan berbagai inisiatif sekolah yang memperkuat karakter yang mulia.

Komponen Utama Program Pendidikan Karakter

1. Karakter Bulanan

Setiap bulan, sekolah berfokus pada karakter positif tertentu (misalnya tanggung jawab, amanah, kejujuran, kepedulian, ketekunan). Siswa didorong untuk mempraktikkan dan mewujudkan sifat ini dalam interaksi sehari-hari. Guru mengintegrasikan diskusi dan pelajaran seputar karakter bulanan, sering kali memasukkannya ke dalam kegiatan kelas, tugas menulis, atau proyek kelompok.

2. Apel pagi

Apel pagi hari berfungsi sebagai platform untuk memperkenalkan dan memperkuat karakter bulan ini. Selama pertemuan ini, siswa dapat berpartisipasi dalam pidato, berbagi cerita, atau mendengarkan pembicara tamu yang menyoroti pentingnya karakter yang ditampilkan. Apel-apel pagi ini dapat menginspirasi siswa dan akan memberikan kesan positif di sepanjang hari itu.

3. Pengabdian Masyarakat

Melibatkan siswa dalam proyek pengabdian masyarakat adalah cara praktis untuk mengajarkan nilai-nilai seperti tanggung jawab, empati, dan kerja tim. Melalui kegiatan sukarela, kegiatan amal, atau inisiatif lingkungan, siswa belajar untuk berkontribusi positif kepada masyarakat dan memahami dampak tindakan mereka terhadap orang lain.

4. Jam Guidance

Konselor sekolah seringkali berperan dalam menyampaikan pelajaran bimbingan yang menekankan pembelajaran sosial-emosional dan pentingnya karakter. Pelajaran ini biasanya diadakan di ruang kelas atau kelompok kecil dan mencakup topik-topik dalam karakter bulanan, serta resolusi konflik, pengambilan keputusan, atau menghadapi tekanan teman sebaya.

5. Diskusi Kelompok Terarah (Focus Group Discussion, FGD) Siswa

FGD memungkinkan siswa untuk terlibat dalam percakapan terstruktur tentang karakter bulan ini atau dilema etika lainnya. Diskusi ini menumbuhkan pemikiran kritis, empati, dan keterampilan kepemimpinan ketika siswa bertukar ide, merefleksikan pengalaman pribadi, dan mencari solusi terhadap tantangan moral.

6. Pertemuan Satu-satu

Pertemuan satu-satu menawarkan bimbingan dan dukungan yang dipersonalisasi, memungkinkan wali kelas serta konselor bimbingan dan karir untuk mendiskusikan kemajuan siswa, mengatasi tantangan pribadi, dan menetapkan tujuan individu. Tujuannya adalah untuk memperdalam pemahaman tentang nilai-nilai dan karakter, membangun kesadaran diri, dan membantu siswa menerapkan prinsip-prinsip tersebut dalam kehidupan sehari-hari.

7. Seminar dan Lokakarya

Sekolah dapat menyelenggarakan seminar atau lokakarya yang dipimpin oleh pendidik, pembicara tamu, atau tokoh masyarakat untuk mendalami lebih jauh tentang karakter bulanan. Sesi ini memberikan wawasan yang lebih dalam dan sering kali melibatkan aktivitas interaktif atau permainan peran untuk membantu siswa menginternalisasikan nilai-nilai yang disampaikan.

id_IDID
×

Hello!

Click one of our representatives below to chat on WhatsApp or send us an email to info@semesta.sch.id

× How can I help you?